Thursday, August 11, 2011

Tugas Qawaidh Lughah


الحكمة فى تحريم الربا

الربا محرم فى جميع الأديان السماوية، والسبب فى تحريمه ما فيه من ضرر عظيم:
1.                  أنه يسبب العداوة بين الأفراد ويقضي على روح التعاون بينهم. والأديان كلها ولا سيما الإسلام تدعو الى التعاون والإيثار وتبغض الأثرة والأنانية واستغلال جهد الآخرين.
2.                 أنه يؤدي الى خلق طبقة مترفة لا تعمل شيئا. كما يؤدي الى تضخيم الأموال فى أيديها دون جهد مبذول فتكون كالنباتات الطفيلية تنمو على حساب غيرها. والإسلام يمجد العمل ويكرم العاملين ويجعله أفضل وسيلة من وسائل الكسب لأنه يؤدي الى المهارة ويرفع الروح المعنوية فى الفرد.
3.                 هو وسيلة الإستعمار ولذلك قيل: الإستعمار يسير وراء تاجر أوقسيس. ونحن قد عرفنا الربا وآثاره فى استعمار بلادنا.
4.                 الإسلام بعد هذا يدعو الى أن يقرض الإنسان أخاه قرضا حسنا إذا احتاج الى المال ويثيب عليه أعظم مثوبة
عقد المحرم
يحرم على المحرم أن يعقد النكاح لنفسه أو لغيره بولاية أو وكالة ويقع العقد باطلا, لا تترتب عليه آثره الشرعية. لما رواه مسلم و غيره, عن عثمان بن عفان أن رسول الله صلعم قال: لا ينكح المحرم ولا ينكح ولا يخطب. رواه الترمذى وليس فيه ولا يخطب. وقال: حديث حسن صحيح.
والعمل على هذا عند بعض أصحاب النبى صلعم وبه يقول الشافعى و أحمد واسحق, ولا يرون أن يتزوج المحرم, و ان نكح فنكاحه باطل, وما ورد من أن النبى صلعم تزوج ميمونة و هو محرم, فهو معارض بما رواه مسلم من أنه تزوجها وهو حلال.
قال الترمذى: اختلفوا فى تزويج النبى صلعم ميمونة, لأنه صلعم تزوجها فى طريق مكة.
فقال بعضهم تزوجها وهو حلال, وظهر أمر تزوجها وهو محرم, ثم بنى بها وهو حلال بسرف فى طريق مكة.
وذهي الأحناف إلى جواز عقد النكاح للمحرم, لأن الإحرام لا يمنع صلاحية المرأة للعقد عليها, وإنما يمنع الجماع لا ثحية العقد.

Top of Form
Kebijaksanaan dalam larangan riba

Riba dilarang dalam semua agama, dan mengapa itu dilarang kerugian besar:
1. Hal ini menyebabkan perseteruan antara individu, dan menghancurkan semangat kerjasama di antara mereka. Dan semua agama, khususnya Islam panggilan untuk kerjasama dan altruisme, egoisme dan kebencian, keegoisan dan usaha eksploitasi orang lain.
2. Yang mengarah pada penciptaan kelas tidak melakukan sesuatu yang mewah. Hal ini juga mengarah untuk menggelembungkan uang di tangan mereka, tanpa Vtkon upaya parasit seperti tanaman tumbuh dengan mengorbankan orang lain. Islam memuliakan dan menghormati kerja dan pekerja dan membuat cara terbaik untuk mendapatkan itu mengarah ke keterampilan dan meningkatkan moral individu.
3. Merupakan sarana penjajahan, oleh karena itu, dikatakan bahwa kolonialisme yang terjadi di balik Oksas dealer. Kita sudah tahu apa dan efek dalam kolonisasi negara kita.
4. Setelah itu Islam menyerukan untuk hak saudaranya meminjamkan pinjaman yang baik jika aku butuh uang dan pahala gurun terbesar
Sebuah dilarang
Dilarang untuk menikah adalah dilarang pegang untuk dirinya sendiri maupun untuk negara lain atau lembaga dan kontrak adalah batal demi hukum, tidak memiliki efek hukum. Seperti diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya, Osman bin Affan bahwa Rasulullah saw berkata: Jangan menikah dengan tabu tidak menikah atau mengajukan pernikahan. Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan tidak ada atau mengusulkan pernikahan. Dia berkata: Hadits ini hasan shahih.
Pekerjaan ini di beberapa sahabat Nabi saw juga merupakan Shafie dan Ahmad, Ishaq, dan tidak melihat untuk menikah adalah dilarang, dan bahwa Venkaha bercinta tidak valid, dan menyatakan bahwa nabi menikah menguntungkan dan dilarang, itu menunjukkan riwayat Muslim, ia menikahinya sudah tua.
Al-Tirmidzi berkata: mereka berbeda dalam pernikahan menguntungkan nabi, karena dia menikah Otto di jalan Mekah.
Beberapa dari mereka katanya menikah dengan seorang, tua yang sudah menikah dan kembali adalah mahram, kemudian dibangun oleh Sarif tua di jalan Mekah. Dan Zha Hanafi diperbolehkan untuk kontrak pernikahan dilarang, karena ihram tidak mencegah kekuatan perempuan untuk kontrak dengan dia, tetapi tidak mencegah kontrak hubungan Thah.



No comments:

Post a Comment